Selasa, 28 November 2017

Tradisi Pelarian di Umo Desa Senaung yang Hampir Punah

ATL Jambi—Tahukah Anda dengan tradisi Pelarian di Umo? Sebuah tradisi yang lahir dari Desa kecil di Kecamatan Jambi Luar Kota, Kabupaten Muarojambi, Provinsi Jambi. Desa Senaung namanya. Desa ini menyimpan berbagai kearifan lokal yang kaya akan nilai-nilai sosial.


Dahulu, tradisi Pelarian di Umo merupakan tradisi yang sangat dekat dengan masyarakat Desa Senaung. Terutama di kalangan muda mudi atau anak-anak muda. Tradisi ini menggambarkan kearifan yang dimiliki oleh masyarakat Senaung. 

Namun sejalan dengan perkembangan zaman, berlahan tradisi tersebut mulai menghilang. Generasi muda pun, terkesan mulai tidak peduli lagi dengan tradisi tersebut. Jika hal ini terus berlangsung, maka bukan tidak mungkin tradisi Pelarian di Umo hanya akan menjadi catatan sejarah yang usang.

Dari sejarahnya, tradisi Pelarian di Umo sejatinya dilaksanakan oleh para muda mudi desa Senaung ketika akan memasuki musim turun ke sawah untuk menanam padi. Pada saat itu, sambil bekerja, muda mudi di Senaung saling berbalas pantun, bersenandung dengan suasana hati yang riang gembira. Karena dilakukan dengan riang gembira, pekerjaan berat pun terasa menjadi lebih ringan. 

Selain itu, tradisi ini menjadi kesempatan bagi muda mudi untuk melakukan pendekatan terhadap lawan jenis yang mereka sukai. Pendekatan ini berlangsung hangat, karena masing-masing muda mudi sudah punya gambaran siapa yang akan mereka dekati. Disamping itu masing-masing mereka bisa lebih saling mengenal.

Nilai gotong royong juga melekat dalam tradisi ini. Dimana para muda mudi secara bersama-sama dengan suasana yang penuh kegembiraan, mereka bisa membantu warga ketika akan menanam ataupun saat akan memanen padi.

1 komentar:

Terima kasih telah berkunjung, salam...

    Kategori

    Tentang ATL

    Asosiasi Tradisi Lisan (ATL) Jambi merupakan wadah sekumpulan orang-orang yang prihatin terhadap tradisi yang semakin lama semakin berkurang para penuturnya. Sekarang kami bermarkas di Kantor Bahasa Provinsi Jambi. Silakan kontak kami di email atl_jambi@yahoo.com

    Pengelola

    Pemerhati